Minggu, 01 Februari 2015

Nabung di Bank ~hati nyaman, pikiran tentram~

Haiii.... Siapa yang suka nabung? Atau siapa yang mikir harus nabung biar barang yang diingini bisa ke beli? Hehehe, apapun alasanmu, nabung tentu jadi pilihan kan?

Kalo aku, udah lama ga taruh uang di Bank. Punya akun sih satu, tapi itu ya wajib karena sekalian kartu mahasiswa (KTM) di tempatku kuliah dulu. Awal punya kartu itu, aku rajin nabung, rajin narik, rajin transfer juga buat belanja-belanja online (huft T_T), tapi lama-lama banyak pengurangan ga jelas pas cetak di buku tabungannya, walau cuma seribu atau berapa ratus rupiah gitu. Tapi tetep aja, aku sedih, nominal uangku berkurang ye kan.....
Hahaha, maka dari itu, aku udah tarik semua uangku yang ada di akun itu. Sekarang masih aktif walau cuma ada goceng, wakakak (biaya admin untuk KTM kecil kayaknya atau gada, gatau deh). Aktifnya karena kadang ada yang kirim uang, tapi langsung aku tarik abis, hehe...

Nah, sekarang udah gede (dewasa banyak keperluan untuk masa depan) berhubung harus punya tabungan yang kalo nyimpen sendiri (di botol, di buku, atau di bawah baju) suka ke ambil-ambil mulu, jadi mau ga mau musti di bank yang agak mikir-mikir kalo mau narik kan. Ya, aku punya temen yang jadi CSO di salah satu bank, dia cerita ada produk nabung yang ga bakal ngurangin saldo (ga ada biaya admin), nama TabunganKu. Itu program pemerintah yang memang mengkhususkan kita warga negara harus bisa nabung dan ga dikenai biaya admin, jadi nabungnya selain aman ya kita juga ga was-was saldo tabungan kita berkurang.

Setelah milah-milih bank mana yang produk TabunganKu yang cocok, aku akhirnya pilih BNI Syariah. Kenapa pilih yang ada embel "Syariah"? Karena aku gamau dapet bunga kaya di bank konvesional. Kenapa? Gugel aja ya, soal riba, walau aku ga ngerti banget tapi mending menghindarinyakan daripada coba-coba.
Terus alasan lainnya sih, cabangnya ada yang deket rumah dan dapet lengkap (buku tabungan, kartu atm, bisa e-banking, atmnya juga tersebar dimana-mana, dll). Yang deket rumah sebenernya juga ada Muamalat dan Mandiri Syariah, tapi kalo Muamalat aku takut ga ketemu atmnya dan kalo pake atm bersama kan kena biaya kalo mau tarik, dan kalo Mandiri Syariah syarat buka TabunganKu ada perbedaan biaya dengan atau tanpa atm, jadi aku pilih BNI Syariah yang aku baca-baca di websitenya ga ribet, cuma dengan Rp. 20.000 udah bisa buka.

Tanggal 6 Januari lalu aku datangi cabang BNI Syariah di Ruko Mutiara Mall Taman Palem. Ukurannya kecil sih, agak sepi juga. Pas masuk ke dalam, ucapan satpamnya lumayan panjang, ga kaya masuk ke bank konvesional hahaha, ada ucapan Assalamualaikum dan selamat pagi juga jadi bingung jawab yang mana hehe.
Pas ke CSOnya juga dapet ucapan yang sama kaya satpam, hehe ramah-ramah banget pokoknya. Terus aku bilang mau buka TabunganKu kan, sebenernya bisa juga buka tabungan iB Hasanah biasa yang pilih akad wadiah (bebas biaya admin juga dan ga ada bunga), tapi aku tetep aja pilih TabunganKu, biar aku juga gampang ngenalin dipikiranku bahwa akun BNI Syariah ya buat nabung aja bukan yang lain, gitu.
Aku diminta KTP dan SIM, ya untuk tanda pengenal yang benar-benar asli (diliat dari 2 jenis itu). Sementara CSO ngisi di komputernya, aku disuruh isi data di kertas rangkap 3 atau 4 gitu untuk mengetahui aku lebih dalam #halah. Kira-kira 10-20 menit, udah beres deh isi-isi datanya. Kemudian aku dapet buku tabungan dan disuruh bayar biaya bukanya (kalo untuk nabung minimal 20rb, tapi karena ada biaya untuk pembukaan rekening dikenai biaya ±20rb juga) jadi jaga-jaga aja bawa biaya minimal 50rb. Oh iya ada dua pilihan kartu atm, yang instan dan yang ada namanya. Kalau instan ya hari itu juga kita dapet, kalo ada nama kitanya harus nunggu 10hari atau lebih baru dikabari lewat telefon untuk ambil.
Lalu aku naik ke atas kan tempat teller, sepi banget ga ada siapa-siapa. Eh tau ga tellernya ngucapin yang sama kaya satpam dan CSO tadi, panjang banget tapi kayanya dia udah apal banget jadi agak cepet gitu ngomongnya, aku jadi salting disuruh nunggu transaksinya di urus sambil ditawari permen di sebelahnya, aduuhhh.. hehehe.
Udah, jadi deh punya TabunganKu.. horee!!

Buku TabunganKu dan kartu ATM